Senin, 30 November 2015

Cara Melakukan Squat Yang Benar

Squat? Apa itu? Squat adalah gerakan naik turun seperti "hampir" jongkok yang dilakukan secara berulang - ulang untuk mengencangkan bagian tubuh tertentu dan memperoleh tubuh yang ideal dan enak dilihat, serta tentu saja menyehatkan.



Squat adalah salah satu gerakan latihan calisthenics / Street Workout yang melatih kaki dengan menggunakan gerakan squat. Walaupun bodyweight squat sangatlah mudah, namun ada variasi lain yang dapat kamu lakukan untuk membentuk otot, misalnya squat dengan satu kaki atau yang lebih sering disebut pistols squat dll sebagainya.

Untuk melakukan squat dengan benar, kamu harus memperhatikan beberapa poin berikut :

             

Posisi telapak kaki
Untuk posisi kaki, yang harus kamu lakukan adalah berdiri dengan kaki kira-kira selebar bahu, dan arahkan jari kaki sedikit mengarah keluar. Kamu harus mencari posisi yang paling nyaman untuk squat.

Kendalikan posisi lutut
Seperti gambar diatas. Hal ini sangat penting karena lutut kamu bisa berpindah posisi. Hindari lutut bergerak ke arah dalam, kendalikan lutut ke arah luar.

Jongkok
Jongkoklah sampai otot betis anda menyentuh paha. Untuk melatih otot kaki dengan seimbang kamu harus melakukan squat sampai bawah. Pernahkah kamu melihat seorang anak kecil mengambil barang di bawah? mereka jongkok ke posisi squat, lalu mengambil barang tersebut. Hal ini membuktikan deep squat adalah gerakan paling natural untuk manusia.

Berdiri pada tumit
Pastikan kamu bertumpu pada tumit pada saat melakukan squat. Hal ini membantu pinggang kamu untuk berada di posisi yang tepat.

Punggung lurus
Untuk menghindari cidera otot pinggang, kamu harus meluruskan punggung. Caranya adalah dengan membusungkan dada kamu seperti gambar diatas.

Note : Bagi wanita yang ingin mengencangkan otot pantat / Pinggulnya, latihan squat adalah pilihan tepat heheh, gak percaya? Buktikan langsung dengan latihan secara rutin.

Selamat Berlatih!

PENULIS : FAJRI / @fajriart

4 komentar: