Senin, 30 November 2015

Cara Melakukan Lari Yang Benar

Lari? tidak asing bukan? lari adalah merupakan salah satu dari latihan kardio yang sangat mudah dan simple untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan tidak terlalu memakan banyak biaya alias free tetapi membuahkan hasil yang memuaskan. Dengan usaha yang tidak terlalu berlebihan, jika kamu berlari dengan benar secara rutin selama satu minggu, maka akan ada perubahan saat kamu menimbang kembali menimbang berat badan kamu, Berikut tips lari yang benar dan sehat untuk menurunkan berat badan maupun untuk kebugaran badan kamu :

              

- Pakailah sepatu olahraga : Mungkin ini adalah hal yang sepele, akan tetapi ini juga sering disepelekan. Karena jika kita berlari tidak menggunakan sepatu lari, makan bisa – bisa kaki kamu menjadi terasa berat dan bisa berakibat cidera. Kenapa menggunakan sepatu lari ? karena memang sepatu lari khusus dibuat untuk berlari. Jadi saat kamu bergerak / berlari maka kemungkinan untuk cidera bisa berkurang karena menggunakan sepatu lari.

- Memilih outfit (Pakaian) : hal yang satu ini juga jangan lupa untuk kamu pertimbangkan. Karena outfit yang akan kamu gunakan untuk jogging tentunya harus nyaman serta dapat menyerap keringat. Dan jangan menggunakan pakaian yang bisa membuat kamu kepanasan sehingga bisa menurunkan semangat berlatih kamu.

- Menapakkan kaki : Posisi berlari saat berlari juga perlu diperhatikan. Yaitu agar saat berlari kita tidak mudah lelah. Yaitu dengan cara setengah berjinjit. Jadi seluruh telapak kaki tidak sepenuhnya menyentuh tanah, hanya ujung kaki saja. Cara ini sangat efektif untuk membuat kamu tidak cepat lelah.

- Pengaturan nafas : Pengaturan nafas juga sangat penting, agar tidak cepat lelah. Semisal kamu membuat hitungan 1 – 8, pada hitungan ke 1 – 3 kamu menarik nafas, lalu hembuskan ke detik ke 4. Dan pada detik ke 5 – 7 menarik nafas kembali dan menghembuskannya ke detik ke 8 dan ulang terus. Dan sebaiknya kamu menarik nafas dan menghembuskannya melalui hidung.

- Waktu : jika kamu berlari pagi, jangan hanya berlari sekitar 10 – 15 menit saja. Sedangkan waktu yang efektif untuk melakukan pembakaran yaitu sekitar 45, dengan cara berlari konstan.

- Melakukan rileksasi pada kaki : Setelah melakukan jogging, janganlah langsung duduk ataupun bersila. Akan tatapi tetaplah berjalan ringan setidaknya sampan 5 – 10 menit, dan minumlah setidaknya dua gelas air putih. Lalu kamu bisa mandi dengan air hangat agar otot – otot kamu rileks.

Selamat Berlatih!

PENULIS : FAJRI / @fajriart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar