Kamis, 21 Januari 2016

Olahraga Itu Penting

Secara luas Olahraga berarti suatu kegiatan jasmani / olah tubuh yang dilakukan dengan tujuan memelihara kesehatan dan memperkuat otot-otot tubuh. Kegiatan ini perkembangannya dapat dilakukan sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan atau dilakukan dengan tujuan meningkatkan prestasi. Olahraga bisa dilakukan oleh semua orang di dunia tanpa memperhatikan stratifikasi atau yang berkaitan tingkatan dengan kekayaan dan kemiskinan seseorang.



Adapun manfaat jika kamu berolahraga adalah :

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Melakukan olahraga secara teratur bisa mempengaruhi beberapa hormon yang ada di dalam tubuh, misalnya adrenalin atau serotonan. Kedua hormon ini termasuk yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, bisa kamu bayangkan apabila daya tahan tubuh meningkat, tentunya tubuh pun terhindar dari berbagai penyakit ringan, seperti flu atau batuk.

Meningkatkan Kemampuan Otak
Kegiatan olahraga mampu meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, terutama aliran darah ke otak. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan kinerja otak lebih baik. Manfaat olahraga yang satu ini tentu sangat membantu kamu dalam belajar ataupun bekerja. Tidak hanya itu, kamu dapat lebih kreatif dan mampu meningkatkan konsentrasi otak.

Mengurangi Stres
Olahraga terbukti cukup mampu mengurangi stres yang dapat kamu alami kapan pun. Olahraga bisa merenggangkan otak serta membuat tubuh dan otak terasa segar. Tentunya ini dapat mengurangi stres yang kamu alami.

Membakar Lemak
Bagi kamu yang sedang melakukan diet, manfaat olahraga dapat kamu buktikan sendiri. Olahraga merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan dilakukan secara rutin bagi kamu yang ingin melangsingkan tubuh. Gerakan-gerakan tubuh saat berolahraga, mampu membakar lemak dalam tubuh.

Meningkatkan Energi Tubuh
Bila kamu membandingkan 2 orang, orang pertama rutin berolahraga dan yang kedua tidak pernah olahraga, tentunya sangat terlihat perbedaannya. Orang yang sering berolahraga bisa memiliki stamina yang sangat bagus, mampu melakukan pekerjaan berat dan tidak mudah lemas. Sebaliknya, orang yang tidak pernah berolahraga cepat lelah ketika bekerja.

Metabolisme Tubuh Meningkat dan Menurunkan Risiko Penyakit
selain meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko terkena penyakit, yang disebabkan oleh virus atau bakteri, rutin berolahraga juga mampu meningkatkan kinerja metabolisme tubuh lebih baik. Manfaat olahraga tentu sangat menguntungkan. Sebab, kamu dapat terhindar dari risiko terkena penyakit seperti kanker usus, mampu menurunkan kolesterol yang menyebabkan penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi resiko penyakit hati, serta ginjal ataupun sembelit.

Menunda Proses Penuaan
Seiring bertambahnya usia, tampak perubahan pada tubuh, seperti kerutan kulit. Kulit keriput disebabkan sel-sel kulit telah tua dan tidak memperbarui diri. Melakukan kegiatan olahraga bisa merangsang produktivitas sel-sel baru pada kulit, sehingga kulit tampak kencang dan cerah tanpa kerutan.

Wajah Lebih Bening
Berolahraga dapat meningkatkan peredaran darah ke wajah dan menyingkirkan kotoran melalui keringat, sehinga membantu mengurangi jerawat serta membuat kulit lebih jernih. Tetapi, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dengan cleansing foam setiap selesai olahraga, agar keringat dan kotoran tidak mengendap terlalu lama di kulit.

Tidur Berkualitas
Olahraga minimal 3-5x sepekan terbukti membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Alasan pertama, olahraga membuat nafas teratur. Kedua, tubuh menjadi lelah seusai olahraga, sehingga tubuh tidur lebih nyenyak untuk memulihkan tenaga.

Mood Yang Lebih Baik
Meskipun melelahkan, kamu bisa merasakan lebih cantik dan bahagia setelah berkeringat karena olahraga. Itu karena otak melepaskan andorfin saat latihan, dan bisa meningkatkan mood selama beberapa jam, bahkan berhari-hari setelah olahraga. Saat tubuh lebih kuat dan sehat, kamu pun lebih percaya diri dan positif.

Tulang Lebih Kuat
Latihan angkat beban wajib dilakuakn jika kamu ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat. Angkat beban dapat membantu melawan osteoporosis dan menambah kuatnya otot, namun harus diimbangi dengan sumber vitamin dan kalsium.

Selain itu, masih banyak manfaat lain dari rajin berolahraga. Karena begitu banyaknya manfaat olahraga, maka sangat dianjurkan melakukannya selama 30 menit sehari secara rutin. Tidak perlu membeli alat bantu olahraga yang mahal, cukup lari pagi, melakukan gerakan senam ringan atau pekerjaan rumah yang cukup menguras tenaga seperti hal nya calisthenics. Hal itu sudah dapat membantu otot-otot agar tidak kaku serta menjadikan tubuh tetap segar dan fit dengan prima baru.

Selamat Berolahraga dan Berlatih!

: Dari Berbagai Sumber

PENULIS : FAJRI / @fajriart

2 komentar:

  1. Wah ane bisa jadi saitama di anime one punch man ini mah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa, dengan mengikuti pola latihan saitama agan bisa menjadi super strong heheh

      Hapus